Friday, November 18, 2016

CARA PERPANJANG SIM C TERBARU DI TULUNGAGUNG TAHUN 2017

 Waktu menunjukkan pukul 6 pagi hawa dingin masih menyelimuti embun pagi pun belum sepenuhnya hilang dari pandangan, hari ini tanggal 11 november 2016 (tanggal cantik nih 111116 cocok buat nikah) rencana hari ini adalah mengantar istri untuk memperpanjang sim C. Setelah persiapan dirasa cukup kami pun berangkat tak lupa pamit dan cium tangan orang tua, sebelum sampai ke kantor Satuan Pelaksana Administrasi SIM  jika di Tulungagung tempatnya di Timurnya perempatan BTA kurang lebih 500 meter utara jalan kami mampir dulu ke tempat foto copy an untuk foto copy KTP dan juga SIM C karena menurut petunjuk mbah google syarat-syarat untuk perpanjangan SIM  :
     1.     Fc. KTP + asli
    2.    Fc. SIM + asli
    3.    Keterangan sehat dari dokter

Selesai foto copy (dengan biaya Fc. 5 ribu + map) kami pun melanjutkan perjalanan dengan menempuh perjalanan kurang lebih 10 menit menggunakan motor kami pun sudah sampai di kantor untuk perpanjangan sim dan perjuangan pun di mulai, langkah pertama kami menuju ke klinik untuk mencari surat keterangan sehat tempatnya tidak terlalu jauh hanya 1 menit dengan berjalan kaki dan dengan biaya 20 ribu surat keterangan sehat pun langsung bisa di dapat dengan mudah,  Setelah semua persyaratan sudah lengkap maka tahapan untuk memperpanjang SIM bisa dimulai.
proses-perpanjang-sim-di -tulungagung
Cari Surat Keterangan Sehat 


 Tahapan yang pertama adalah meminta form registrasi untuk diisi sesuai dengan keperluan (membuat sim baru / perpanjangan sim) selesai mengisi  dikarenakan istri lagi hamil dan saya pun diharuskan mengembalikan ke loket tempat pengambilan form tadi, di luar prediksi saya ternyata antriannya panjang buuuanget saya harus berdiri mengantri bersama orang-orang dari seluruh penjuru tulungagung, bau keringat bercampur parfum terasa pedih di mata kira-kira hampir 30 menit saya berdiri akhirnya sampai juga giliran saya, saya pun langsung menyerahkan berkas yang saya bawa terdiri dari 1 lembar Fc. KTP dan yang asli, Fc. SIM dan yang asli, Surat Keterangan sehat dan formulir registrasi semuanya tertata rapi di map kertas berwarna merah. 
proses-perpanjang-sim-di -tulungagung
Ada orang yang menyelonong masuk tanpa menghiraukan antrian *WTF

Selesai mengantri ria saya disuruh mengantri dan menunggu panggilan, lama menunggu akhirnya tiba juga saat nya for information SIM yang diperpanjang adalah SIM istri saya maka yang di panggil adalah nama istri saya, ketika saya ingin mengambil berkas masalah pun muncul ternyata yang harus mengambil berkasnya diwajibkan langsung orang yang bersangkutan karena dikhawatirkan ada calo yang masih beroperasi dan setelah bernegosiasi cukup alot dengan petugasnya maka diambil keputusan yang  mengambil berkas tetap yang bersangkutan tapi untuk tahap selanjutnya karena istri saya sedang hamil maka diberikan suatu prioritas, saya mengistilahkannya sebagai kartu bebas hambatan.

proses-perpanjang-sim-di -tulungagung
Petunjuk Pengisian Formulir 

          Tahapan kedua setelah mengisi formulir registrasi dan segala yang menyelimutinya adalah membayar di loket BRI yang juga sudah disediakan dengan membayar sebesar 75 ribu dan dengan kartu bebas hambatan yang diberikan kepada istri saya maka tahapan yang kedua pun dengan cepat diselesaikan tanpa harus mengantri lagi
Tahapan ketiga adalah menuju loket registrasi untuk menyerahkan berkas yang tadi sudah di tambah dengan struk pembayaran dari BRI.
Tahapan yang keempat adalah menunggu panggilan untuk foto SIM, Sebelum foto petugasnya membacakan data pribadi yang bersangkutan agar jika terjadi kekeliruan data bisa langsung dibetulkan. Jangan lupa pasang wajah bahagia karena hasilnya akan mempengaruhi selama 5 tahun kedepan.
Tahapan yang terakhir yaitu penyerahan SIM.  di tahapan yang terakhir ini kita hanya menunggu panggilan kira-kira 5 menit SIM baru pun sudah bisa kita ambil.
proses-perpanjang-sim-di -tulungagung
Prosesnya cepat tapi antrinya bikin ingat sama Allah ( perbanyak istighfar)

Selesai dari mengurus perpanjangan SIM kami pun beranjak pergi ke parkiran untuk mengambil motor dan pulang biaya parkir disana sama dengan parkir pada umumnya yaitu 2000, dalam perjalanan pulang tak lupa mampir dulu ke warung bakso untuk mengisi perut yang sudah mulai berdemo karena dari pagi belum sarapan jika di hitung berapa lamanya kurang lebih 4 jam dimulai dari jam 7 pagi sampai selesai jam 11 siang.

TOTAL BIAYA KESELURUHAN
    1.     Fc. SIM dan KTP + map = 5000
   2.    Surat keterangan sehat = 20.000
   3.    Bayar perpanjangan SIM = 75.000
  4.   Bayar parkir = 2000
  5.    Makan bakso + minum = 20.000 (menyesuaikan)
Jadi total keseluruhan biaya untuk perpanjangan SIM adalah 122.000

Pepiling alias  :
Proses perpanjangan SIM bisa dilakukan sebelum masa habis berlaku SIM dengan masa tenggang selama 14 hari, dan jika masa berlaku SIM sudah habis maka yang bersangkutan harus memproses sama dengan pembuatan SIM baru.
Ibu-Ibu yang sedang menjalani tes praktek

Jadi silahkan di cek masa berlaku SIM nya daripada harus membuat SIM baru harus tes teori, tes praktek itu juga belum tentu lulus langsung belum lagi prosesnya membutuhkan waktunya yang lama dan mulai saat ini tidak ada yang namanya Calo.
Sekian dan Terima kasih sudah mampir di Blog saya 

SELAMAT BERJUANG



No comments:

Post a Comment